All Operating System

Wednesday, August 25, 2010

Operating System


Operating System adalah system yang mengoperasikan sebuah computer yang terdiri dari hardware, software dan brain ware. Operating System adalah penyambung antara hardware dan brainware. Operating System bisa disebut juga software, tapi tidak semua software disebut Operating System. Karena Operating System inilah yang mengatur kesemuanya, mulai dari pengaturan hardware, software sampai brainware.
Banyak macam-macam Operating System didunia ini. Tapi hanya sebagian Operating System yang kita ketahui, bahkan tidak menutup kemungkinan ada yang hanya mengetahui satu Operating System. Diantara Operating System yang paling dikenal adalah Windows, Linux, Dan Mac. Ketiga Operating System ini mempunyai cirri khas yang berbeda, mulai dari windows yang terkenal dengan user friendly-nya, Mac yang terkenal dengan tampilannya, dan Linux yang terkenal dengan expertnya. Dan dari satu persatu Operating System ini mempunyai kekurangan dan kelebihan. Seperti Windows, kelebihannya sangat mudah digunakan, tapi kekurangannya kamu harus banyak bergelut dengan malware, Trojan, virus, etc. Linux, kelebihannya adalah open source, tidak perlu disibukkan dengan urusan malware, Trojan, virus, etc, kekurangannya, banyak orang yang merasa kesulitan pada waktu pertama kali belajar menggunakan Operating System ini. Mac, kelebihannya tampilan dan kinerjanya yang bagus yang membuat semua orang melirik Operating System ini, kekurangannya Operating System ini tidak bisa diinstall pada computer lain selain Mac Book.
Pada tahun 1980, manusia mulai mengenal computer. operating system ketika itu juga masih memakain Ms. Dos (Microsoft Disk Operating System). MS-DOS sebenarnya dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat komputer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP) yang dikepalai oleh Tim Patterson--yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS--pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak sistem operasi dengan nama Q-DOS (singkatan dari Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS, karena Q-DOS didesain agar dapat berjalan pada komputer dengan prosesor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinya dengn harga 50.000 dolar Amerika dari SCP, lalu mengubah namanya menjadi MS-DOS. Selanjutnya, saat IBM hendak meluncurkan komputer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.
Lanjut pada tahun 1981, IBM perusahaan besar yang bergelut di bidang computer mengadakan kerjasama dengan Ms. Dos. Dan Microsoft pun mulai menjual lisensi Ms. Dos ke berbagai perusahaan besar. Dari sinilah mulai dikenal computer dan operating systemnya.
Lanjut pada tahun 1987, Andrew S. Tanenbaum mulai merancang operating system yang berbasis Unix yang kemudian dikenal dengan sebutan Linux. Dan kemudian disahkan pada tahun 1991, dan pada tahun inilah mulai bermunculan distro-distro linux seperti slackware, Debian, Redhat. Dll
Pada tahun 1997, Mac mulai meluncurkan operating system baru yang dikenal Mac OS 7.6. dan pada tahun inilah mulai adanya persaingan ketat antara Mac, Linux, dan Windows.

0 comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme