Windows

Wednesday, August 25, 2010

Windows
Seperti yang kita ketahui, bahwa Microsoft windows telah menguasai pangsa pasar sejak dari tahun 1981 dengan productnya yang bernama Ms Dos. Hingga sampai saat ini, Microsoft adalah operating system yang paling popular di kalangan manusia, baik dari yang awam sampai yang sudah expert. Sayangnya, semakin banyak yang memilih windows sebagai operating system mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas, semakin besar pula masalah yang dihadapi oleh Bill Gates selaku pemimpin perusahaan Microsoft. Diantaranya adalah pembajakan. Kasus pembajakan, mulai dari zaman dahulu sampai sekarang masih belum terselesaikan.
Kita mengenal windows, sebagai operating system yang user friendly, dengan kemudahannya menjalankan dan mengatur sebuah system yang diinginkan. Kita dengan mudah menginstal suatu software di operating system windows ini, dengan mudahnya mensharing file di network tanpa ada embel-embel password. Berbeda lagi dengan operating system yang lain, begitu susahnya menginstall software, apalagi sharing file di network. Tapi kemudahan ini sering dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, seperti para pembuat virus, torjan, malware dsb. Kita tahu bahwa kita tidak bisa menginstall suatu software tanpa adanya hak akses sebagai administrator di operating system manapun. Tapi di operating system windows, dengann mudahnya kita mendapatkan hak akses administrator.

Pada tahun 1985, Ms Windows meluncurka product pertamanya yang dinamai Ms. Windows 1.0. pada versi ini banyak sekali kekurangan, yaitu dalam segi fungsionalitasnya.




Lanjut pada tahun 1987, Ms Windows meluncurkan operating system yang baru, yang dinamai Ms. Windows 2.x sebagai penyempurna dari Ms. Windows 1.0. dan menjadi lebih popular dibandingkan dengan product sebelumnya Ms. Windows 1.0.
Lanjut pada tahun 1990 Ms. Windows, mengeluarkan product barunya dinamai Ms. Windows, 3.0. pada versi ini Windows mengizinkan kepada para pengguna untuk menggunakan program Ms. DOS sejara serentak (Multi Tasking), karena didukung oleh memory virtual. Dalam versi ini windows sudah hadir dalam versi multimedia yang juga dilengkapi dengan Multimedia upgrade kit, yang terdiri dari sebuah sound card dan cd room. Lanjut Ms Windows pun meluncurkan Ms. Windows 3.1 dengan dukungan multimedia hanya saja, Ms. Windows menghilangkan modus real, sehingga windows 3.1hanya berjalan pada modus proteksi yang dimiliki oleh microprocessor Intel 80826.


Microsoft terus melanjutkan perkembangan operating systemny, yang disebut dengan Windows NT. Microsoft juga mengumumkan keinginannya untuk mengembangkan sebuah operating system sebagai penerus Windows NT dan juga pengganti Windows 3.1 pada konferensi tersebut, yang kemudian akan menyatukan keduanya ke dalam sebuah sistem operasi yang padu. Masalah ini telah menghantui semua versi Windows NT hingga Windows NT 5.0 (Windows 2000) keluar ke pasaran. Selain itu, meskipun Windows NT menawarkan performa yang baik dan mampu mengekspolitasi sumber daya sistem secara lebih efisien, dalam beberapa sistem dengan perangkat keras terbatas, Windows NT dianggap sebagai sistem yang boros sumber daya. Fitur-fitur jaringan dalam Windows NT menawarkan beberapa pilihan konektivitas jaringan yang luas dan juga tentunya sistem berkasNTFS yang efisien. Salah satu peningkatan terbesar dari Windows NT adalah Application Programming Interface (API) 32-bit yang baru, yang dibuat untuk menggantikan Windows API 16-bit yang sudah lama. Win32 API memiliki tiga buah implementasi utama: satu untuk Windows NT (yang merupakan Win32 API terlengkap dengan dukungan ANSI ataupun Unicode), satu untuk Win32s (yang merupakan bagian dari Win32 yang dapat digunakan di atas sistem Windows 3.1), dan juga satu lagi untuk Chicago (yang hanya mendukung ANSI)

.


0 comments:

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme